"Science,Technology,Society for SAVE OUR EARTH"

Minggu, 16 Maret 2014

EKLIPTIKA


Apa itu Ekliptika Khatulistiwa ???
Astronomi itu asyik !!!


Halo sahabat Astroners...
Kali ini kita membahas apa itu Ekliptika ???

Dalam kehidupan sehari-hari, kita semua tahu bahwa bumi berotasi pada sumbunya selama satu hari (pelajaran kelas V SD). Perputaran ini menyebabkan terjadinya siang dan malam. Dan selain itu kita juga tahu bumi mengelilingi matahari selama setahun, jika dihitung dalam satuan hari, totalnya 364,25 hari untuk kebutuhan sehari-hari dalam setahun jadinya 364 hari saja, dan dalam jangka waktu 4 tahun dikoreksi menjadi 365 hari, itu nama kerennya Tahun Kabisat.
Bumi mengelilingi matahari pada bidang yang disebut bidang Ekliptika, dengan sumbu putar terhadap Ekliptika sebesar 23,5 derajat.



Penentuan posisi titik dipermukaan bumi dalam sistem ekuator dilakukan dengan mengamati dan mengukur bintang dititik itu (sbg stasiun pengamat). Tujuan dari pengukuran ini adalah menentukan posisi zenit astronomis titik dibola langit berdasarkan posisi bintang yang diamati di bola langit.Posisi bintang dibola langit yaitu dalam sistem koordinat bola langit, yang dinyatakan dengan asensio rekta (right ascensio). Titik semi ini merupakan perpotongan lintasan matahari pada bola langit, yang disebut ekliptika, dengan ekuator bola langit yang disingkat menjadi ekuator langit.



Posisi bintang dibola langit dinyatakan dalam sistem koordinat ekuator, dan posisinya setiap saat dikenal sebagai apparent place system. Jadi titik semi mempunyai deklinasi nol, dan ini terjadi sekitar tanggal 20 dan 21 Maret atau sekitar hari ke-79 setiap tahun. Matahari berada pada belahan bumi paling utara sekitar tanggal 21 Juni atau hari ke-172 setiap tahun dengan deklinasi sekitar 23 derajat 26,5 menit yang dibulatkan menjadi 23,5 derajat, kembali melintas ekuator menuju belahan bumi selatan sekitar tanggal 22 september atau sekitar hari ke-264 setiap tahun dan berada pada belahan bumi paling selatan pada tanggal 22 Desember atau sekitar hari ke-356 setiap tahun dengan deklinasi sekitar -23,5 derajat. Titik dimana matahari melintasi ekuator dari belahan bumi utara menuju belahan bumi selatan disebut titik musim gugur (autumnal equinox). Penamaan titik ini berdasarkan musim belahan bumi utara.




“Setiap Detik Kepedulian Kita Terhadap BUMI Memberi Waktu Yang Selalu Tak Terbatas Untuk Anak Dan Cucu. Love Our Earth”

2 komentar: